Healthy Plan – Move Your Body

Hidup sehat adalah rencana dan cita-cita semua orang. Siapa sih yang ngga kepengen sehat? Kalo saya ditanya, apakah kepengen hidup sehat? Tentu saja jawabnya, IYA!

Yang namanya hidup sehat pastinya pola hidupnya harus bener, ya pola makan, pola tidur, serta rajin olahraga. Kalo saya ditanya lagi, apakah udah siap ngejalani pola hiduo sehat? Jujur aja deh, saya jawab, BELUM! Hehehe..

Ngomongin tentang pola makan yang benar atau sehat sekarang ini berbagai macem metodenya, dari yang kita mau jadi seorang vegetarian, atau menjalani diet mayo atau mencoba food combining yang lagi hits akhir-akhir ini. Saya termasuk yang mana? Emmmm, belum semuanya hihihihi… Iya, pola makan saya masih amburadul deh, dari yang dulu setelah melahirkan dimana semua makanan diembat hingga akhirnya keterusan sampe sekarang. Niat buat diet pun belum ada, saya kan masih menyusui *alibi* hihihi.. Usaha untuk makan sehat saya sejauh ini palingan menghindari MSG dan tidak menggunakan vetsin atau aneka penyedap rasa untuk masakan sehari-hari. Udah gitu, saya pecinta berat kopi, mostly 2 cangkir setiap harinya, untungnya saya udah ngga hobi minum minuman bersoda seperti dulu. Rasanya tuh envy kalo liat di instagram orang-orang yang udah menerapkan food combining, nge-juice or nge-smoothies buah dan sayur setiap hari, makan yang gluten free, dll. Envy nya sama niat mereka semua, sembari nunggu niat saya dateng hehehe..

Saya juga masih doyan bergadang, kebiasaan dari jaman kuliah dulu berlanjut sampe sekarang. Kalo saya tidur di bawah jam 12 malam itu biasanya karena ketiduran. Menurut saya malam hari adalah jam me time saya, bisa nonton film, donlot, browsing, dan nulis blog.

Nah, masih jauh dari pola hidup sehat kan…

Tapi untuk yang satu ini saya udah mulai punya niat, yaitu olahraga. Jadi mulai beberapa bulan yang lalu saya memutuskan untuk membiasakan diri bergerak, yah walopun niat awalnya hanya sebatas takut gendut dan ngencengin badan yang lemaknya ada dimana-mana. Olah raganya apa saja?

Yang pertama adalah Zumba. Awalnya nyoba karena iseng diajakin sama temen kantor, tapi setelah itu jadi ketagihan dan jatuh cintrong. Emang sih Zumba ini lagi naik daun, banyak tempat fitnes/studio membuka kelas ini dan selalu rame. Tapi yang terpenting sih saya cocok dan enjoy, ngga hanya sekedar ngikutin tren. Zumba ini hampir mirip dengan senam aerobic gitu, cuma menurut saya lebih dinamis dan enerjik, jadi kalo lagi Zumba serasa kita lagi nge-dance gitu hehehe.. Di gerakannya ada perpaduan dance, salsa, cha cha, hiphop, indian dance, dll.. Musik pengiringnya juga sangat variatif, mulai musik Latin dari sononya sampe pop, R&B, hip hop juga bisa. Konon katanya Zumba ini bisa untuk ngecilin perut, pinggul, pantat dan paha. Yang pastinya buat saya, this Zumba dance is not about just work out but it makes me enjoy. Jadi selain ngaruh ke body tapi ngaruh ke otak/pikiran, biasanya ketika pikiran saya sumpek saya mutusin buat Zumba buat refreshing, and it’s work.

Yang kedua adalah Yoga. Ini sih udah angan-angan sejak lama, cuma baru terealisasikan kira-kira 2 bulan yang lalu. Beruntung saya punya teman seorang instruktur yoga, dan sewaktu dia membuka kelas yoga sore saya langsung daftar. Nah kalo yoga ini hampir 180 derajat berkebalikan sama Zumba yang full jingkrak-jingkrak, kita mempraktekkan berbagai macam pose yang kurang lebih hanya berdiri, duduk, tiduran di atas matras aja tapi efeknya sungguh luar biasa dan sehari setelahnya badan pasti sakit semua hihihi.. Kebetulan kelasnya juga khusus pemula sehingga kita bisa belajar dari awal untuk menguatkan kaki-kaki dan menghidupkan lagi saraf dan otot yang terlupa, begitu kata instruktur saya.. Menghidupkannya kembali dengan cara ditarik-tarik, dilurus-lurusin sampai kita tremor atau gemeteran, which is good, sedangkan nyengir atau meringis kesakitan it’s very very normal. Tapi di luar efek badan sakit semua yang paling hanya terasa sehari, efek yang langsung kerasa setelah yoga adalah bobo nyenyak. Emang kan yoga ini, selain bagus untuk kesehatan tubuh physically, juga bagus untuk tubuh secara mentally karena ada meditasi dan relaksasi. Saya masih newbie banget tapi pengen deh semakin mendalami mengenai yoga ini.

Sampai sekarang masih berusaha untuk tetap konsisten ngejalani dua olah tubuh di atas, ngga bisa dipungkiri yang susah adalah menemukan niat. Paling tidak satu pola hidup sehat udah berusaha saya jalani, olahraga sembari refreshing, dan mudah-mudah datang niat untuk menjalani pola hidup sehat yang lain, belum tau kapan.. 😛

Salam olahraga!

Advertisements

8 thoughts on “Healthy Plan – Move Your Body

  1. Klo aku olahraganya dgn cara senam aerobik (very) low impact di rumah, hihihi. Pokoknya yg ga butuh pake sepatu (means: nggak ada lompat2) krn senamnya di kamar, pake video dr YouTube 🙂 salah satu instruktur senam kesukaanku adalah…. Jane Fonda 😆 udah nenek2 bgt, so dijamin pasti low impact 😀

  2. mbaaaa ini mah udah bagus bangeeet.. Pola makan dan pola tidur tetep diusahakan berubah walau tetep aja so- sooo

    nah kalau olah raga.. ermm cuma sebatas jalan kaki antar jemput anak sekolah. pokoknya selama bisa dipakai buat jalan kaki maka jalan kaki deh.. sama paling banter olah raga di kamar liat youtube.. tapi yg dilihat dance practice-nya big bang. Halah :p

    • Ini mumpung lg semangat2nya olahraga mba, coz biasanya mood2an.. Sekali dayung dua pulau terlampaui ya mba, antar jemput sambil jalan, siippp ituh hehehe… Eh big bang itu yg boyband korea itu bukan sih mba? 😀

  3. Iiihhh mending belom sama sekali daripada setengah2. PRINSIP MACAM APA INI HÀH :””)))). Gak kaya aku, Ke.. rajiiiin brenti.. rajiiin brenti… kayaknya badanku sendiri aja bingung krn yg punya labil lol. Aku sempet yang tiap jam 5 lari di komplek atau ikutan senam di Li TV (dengan penonton 2 orang laki2 di sofa huh) tapi skrg udah brenti lagi.. geje lagi.. gendut lagi *yanasib. Padahal beruntung banget loh hidup sehat tuh.. waktu hamil aku fit abis stay shape pula krn FC. Postinganmu memancing curhat hahhahhaa… maapkan maapkan.. :”))

    • Hihihi gpp gpp skalian curhat sapa tau trs terpancing jd rajin lg,ato jangan2 harus hamil dulu biar hidup sehat hahaha.. Lari jam 5 pagi itu wow banget loh buat aku, aku rada susah kl diajakin lari apalagi msh gelap2an gitu.. Kepengen sih nyobain FC tp kok blom bisa menahan godaan ya,tiap pagi aja sarapannya nasi alamakkk *liat perut…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s