Catatan MPASI Vanya : 7m

Masuk ke bulan ketujuh, menu MPASI Vanya semakin bervariasi. Menu buah masih tetep tapi mulai saya kenalkan dengan sayur-sayuran, dan saya mulai coba beri bubur beras. Jadwal makan usia 7 bulan sudah saya beri 2x sehari. biasanya saya kombinasikan 2 menu dalam sehari, puree buah untuk sarapan kemudian bubur beras saring + puree sayur atau puree buah + puree sayur.

Untuk membuat puree sayur caranya sama dengan membuat puree buah, potong-potong, kukus kemudian disaring. That’s it! Simple ya hehehe. Sebenernya waktu awal MPASI saya kepikiran untuk pake metode Frozen Food tapi pada prakteknya akhirnya tetep masak fresh food tiap hari karena Puji Tuhan walo saya bekerja tapi masih ada waktu untuk siapin bahan-bahan di malam hari setelah Vanya tidur, jadi pagi harinya tinggal eksekusi masak aja. Begitu juga dengan bubur beras, Vanya ga suka bubur beras yang sudah jadi sehingga harus masak bubur dari beras kemudian disaring, biasanya saya masak dalam porsi agak banyak untuk beberapa hari dan disimpan di lemari es. Kalo mau disajikan tinggal ambil sesuai porsi dan dikukus atau cukup dimasukkan ke magic jar saja.

Oiya, usia 7 bulan juga sudah boleh dikenalkan dengan protein hewani sehingga saya mulai memberikan berupa kaldu ayam/daging sapi. Kaldunya pun juga biasanya saya stok, jadi sekali masak dibikin agak banyak kemudian saya masukkan lemari es. Jadi kalo perlu tinggal ambil sesuai porsi dan hangatkan. Biasanya air kaldu saya campurkan ke bubur biar rasanya lebih gurih, karena sebelum 1 tahun saya strict ga pake gula garam.

Waktu usia 7 bulan ++ ini dulu sempet ada kekhawatiran sendiri, saya pernah cerita kan kalo sempet ada krisis ART, nah pada waktu ini si mbak agak kurang telaten sm Vanya. Denger cerita dari kakak saya di rumah, si mbak suka ga sabaran dan sedikit maksa-maksa kalo lagi nyuapin Vanya. Padahal hal itu kan jadi larangan alias ga boleh ketika anak mulai belajar makan, yang ditakutkan anak bakalan takut atau trauma sendok. Sedih deh kalo diceritain Vanya kadang suka nangis kalo lagi sama si mbak. It’s a mom’s nightmare! Fiuuhhh, sudah pesen macem-macem salah satunya ga perlu dipaksa kalo nyuapin, dll tapi kalo kerja ga langsung dari hati pasti kerasa, apalagi bayi itu kan peka banget. Well, dari situ saya memutuskan untuk mencari babysitter khusus, tapi pada akhirnya saya dapet bantuan dari tetangga sebelah yang mau dititipin Vanya selagi saya kerja seperti yang saya ceritakan di postingan ini. Dengan bantuan dari tetangga sebelah saya bisa menghemat biaya untuk menggaji seorang babysitter yang terkenal mahal gaji per bulannya.

One problem is solved. Is there another problem come up?

To be continue……

Advertisements

5 thoughts on “Catatan MPASI Vanya : 7m

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s