Sembelit pada bayi

MPASI Vanya ketika berumur 6 bulan ++ berjalan lancar dan normal, dia semakin pinter maem… Kendala waktu itu cuma sembelit hehehe, akhirnya ngalamin sendiri bayi sembelit, eits bukan berarti ngarepin terjadi cuma sembelit bisa dibilang jadi common problem buat bayi. Penyebabnya waktu itu karena terlalu banyak makan pisang. Yup, pisang jika dikonsumsi terlalu banyak oleh bayi bisa menyebabkan sembelit. Saya juga baru tau fakta ini setelah punya anak, kadang kita suka salah kaprah ya mengira pisang justru melancarkan buang air besar.

Nah, waktu itu Vanya masih suka dititipin ke Eyangti nya (mertua) karena belum ada ART. Sebenernya setiap pagi saya udah siapin makanan Vanya untuk sehari, karena baru awal MPASI jadi hanya cukup sekali saja. Tapi karena di tempat Eyangti nya, kadang makannya jadi ga terkontrol. Jadi waktu itu Vanya dikasih pisang selama 3-4 hari berturut-turut, walau hanya sehari sekali tapi begitu hari ke-empat mulai kelihatan tanda-tanda Vanya mulai sembelit. Tanda-tandanya adalah BAB nya yang keras dan cuma sedikit sementara perutnya kalo ditekan masih keras, selain itu ekspresi mukanya kalo lg ngeden-ngeden serasa kesusahan banget hehehe… Sudah dipijat ILU, kaki sudah digerakkan mengayuh sepeda tapi BAB masih belum lancar.

Usaha untuk ngilangin sembelitnya langsung deh saya kasih puree pear yang banyak mengandung serat dan air, tapi masih juga sembelit. Usaha kedua yaitu dengan saya kasih puree pepaya. Nah ini dia yang paling JOSS buat Vanya hehehe.. Begitu dikasih pepaya langsung deh… Walopun ngeluarin pup nya dengan susah payah, pake nangis teriak-teriak, pake bantuan sabun mandi segala yg diruncingin hahahaha tapi akhirnya keluar semua itu makanan selama 3-4 hari.. 😛 Untung setelah itu selalu lancar.

Karena peristiwa sembelit ini juga saya belajar, yang tadinya saya tidak tahu akhirnya tau bahwa sembelit bisa terjadi karena kurang serat atau karena terlalu banyak serat. Jadi ya memang tidak boleh terlalu banyak di suatu makanan ya, sayuran berserat tinggi harus di-mix sama buah yang kaya air, dll.

Tapi kasus sembelit pada bayi juga berbeda pencetus atau penyebabnya tapi jangan takut buibu dan jangan jijik kalo sama anak sendiri hihihihi…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s